Cara Kerja Ginjal dan Bagaimana Menjaga Kesehatannya

cara kerja ginjal

topmetro.news – Ginjal adalah salah satu organ tubuh paling penting. Sehingga penting bagi kita untuk mengenal cara kerja ginjal. Untuk itu, mari kita simak artikel di bawah ini, yang membahas cara kerja ginjal secara detail.

Apa ginjal dan apa fungsinya?

Ginjal adalah dua organ tubuh berbentuk kacang, masing-masing seukuran kepalan tangan. Kedua ginjal terletak tepat di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang. Cara bekerja ginjal adalah dengan menyaring sekitar 120 hingga 150 liter darah untuk memproduksi sekitar satu hingga dua liter urin. Ini terdiri dari limbah dan cairan ekstra.

Urin mengalir dari ginjal ke kandung kemih melalui dua tabung kecil yang terbuat dari otot, disebut ureter, satu di setiap sisi kandung kemih. Kandung kemih menyimpan urin. Otot-otot dinding kandung kemih tetap rileks sementara kandung kemih terisi dengan urin.

Saat kandung kemih memenuhi kapasitasnya, sinyal yang dikirim ke otak memberitahu seseorang untuk segera menemukan toilet. Ketika kandung kemih kosong, urin mengalir keluar dari tubuh melalui sebuah tabung yang disebut uretra, yang terletak di bagian bawah kandung kemih. Pada pria, uretra panjang, sementara pada wanita itu pendek.

Mengapa ginjal itu penting?

Ginjal penting karena berfungsi menjaga komposisi atau kestabilan komposisi darah, yang memungkinkan fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Secara detail, fungsi ginjal adalah:

  • Mencegah penumpukan kotoran dan cairan ekstra di dalam tubuh
  • Menjaga kadar elektrolit stabil, seperti natrium, kalium, dan fosfat
  • Membuat hormon yang membantu
  • Mengatur tekanan darah
  • Membuat sel darah merah
  • Menjaga tulang tetap kuat

Bagaimana cara kerja ginjal?

Ginjal bukan sebuah filter besar. Setiap ginjal terdiri dari sekitar satu juta unit penyaringan yang disebut nefron. Setiap nefron menyaring sejumlah kecil darah.

Nefron termasuk filter, yang disebut glomerulus, dan tubulus. Nefron bekerja melalui proses dua langkah. Glomerulus memungkinkan cairan dan produk limbah melewatinya. Ini mencegah sel darah dan molekul besar, kebanyakan protein, lewat begitu saja.

Cairan yang disaring kemudian melewati tubulus, yang mengirim lalu mineral yang diperlukan kembali ke aliran darah dan membuang limbah.

Produk akhir dari seluruh proses inilah yang menjadi urin.

Apa uji klinis dan apakah itu tepat?

Uji klinis adalah bagian dari penelitian klinis dan merupakan pusat dari semua kemajuan medis. Uji klinis melihat cara-cara baru untuk mencegah, mendeteksi, atau mengobati penyakit. Para peneliti juga menggunakan uji klinis untuk melihat aspek-aspek lain dari perawatan, seperti meningkatkan kualitas hidup bagi orang-orang dengan penyakit kronis.

Menjaga agar ginjal sehat

Tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat keluarga gagal ginjal menjadi faktor-faktor yang membuat orang menjadi berpotensi mengalami peningkatan risiko penyakit ginjal. Namun bukan berarti yang tidak memiliki riwayat kesehatan ini menjadi bebas. Artinya, apa dan bagaimana pun riwayat kesehatan Anda, maka adalah sangat penting untuk menjaga organ-organ yang sangat penting ini.

Tujuh rahasia kesehatan ginjal

Untuk menjaga kesehatan ginjal, maka Anda dapat melakukan sejumlah hal untuk menjaga ginjal berfungsi dengan baik dan menjaganya tetap sehat.

Di bawah ini 7 rahasia menjaga kesehatan ginjal:

1. Konsumsi air, tetapi jangan berlebihan:

Bertentangan dengan kepercayaan populer, tidak ada penelitian yang membuktikan overhidrasi sebagai praktik yang efektif dalam meningkatkan cara kerja ginjal. Ini disampaikan seorang nephrologist bernama James Simon MD. Jadi, meskipun ide yang bagus untuk minum cukup air, namun minum lebih dari pada empat hingga enam gelas per hari, mungkin tidak membantu ginjal Anda melakukan pekerjaannya dengan lebih baik.

2. Konsumsi makanan sehat:

Ginjal dapat mentolerir berbagai kebiasaan diet. Tetapi Dr Simon menunjukkan bahwa sebagian besar masalah ginjal timbul dari kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karena itu, dia menyarankan Anda mengikuti kebiasaan makan yang sehat dan moderat untuk mengendalikan berat badan dan tekanan darah. Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi akan membantu menjaga ginjal dalam kondisi baik.

3. Berolahraga secara teratur.:

Jika Anda sehat, berolahraga adalah ide yang baik. Karena seperti kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah kenaikan berat badan dan tekanan darah tinggi. Namun, perhatikan berapa banyak olahraga yang Anda lakukan, terutama jika kondisi Anda tidak mendukung. Menurut Dr Simon, terlalu memaksakan diri ketika Anda tidak sehat, dapat mempengaruhi ginjal. Terutama jika Anda terlalu banyak berolahraga, sehingga menyebabkan kerusakan berlebihan pada jaringan otot ginjal.

4. Berhati-hati dengan suplemen dan obat herbal:

Jumlah yang tidak dikontrol atau berlebihan dalam mengkonsumsi suplemen vitamin tertentu dan beberapa ekstrak herbal, ternyata dapat berbahaya bagi ginjal. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vitamin dan herbal apa pun yang Anda ingin konsumsi.

5. Berhenti merokok:

Merokok dapat merusak pembuluh darah, yang dampaknya menurunkan aliran darah di ginjal. Ketika ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, maka ginjal tidak dapat berfungsi dengan optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal.

6. Jangan sembarangan minum obat bebas:

Menurut Dr Simon, obat atau pil tanpa resep dari dokter, atau obat yang dijual bebas, dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda memiliki ginjal sehat dan menggunakan obat-obatan ini untuk menghilangkan rasa sakit sesekali, mungkin belum menimbulkan resiko. Tetapi Dr Simon mengatakan, bahwa jika Anda meminumnya untuk sakit kronis atau radang sendi, Anda harus berbicara dengan dokter untuk bisa memantau dampaknya pada fungsi ginjal. Atau sebaiknya, temukanlah cara-cara alternatif untuk mengendalikan rasa sakit Anda.

7. Periksa ginjal secara rutin:

Jika Anda merasa berisiko dengan ginjal, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin. “Jika Anda memiliki diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter harus memeriksa disfungsi ginjal sebagai bagian dari perawatan rutin untuk kondisi tersebut,” kata Dr Simon.

Miliki kesehatan ginjal yang baik

Terkait kesehatan dan cara kerja ginjal ini, seringkali terpengaruh oleh kondisi medis lainnya. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar cara kerja ginjal tetap maksimal dan aman adalah dengan merawat tubuh Anda untuk mengurangi kemungkinan Anda mengembangkan penyakit yang membebani ginjal.

Dr Simon berkata, “Makanlah dengan sehat, berolahragalah secara teratur dan kendalikan berat badan Anda. Praktek sehat ini bukanlah hal baru dan jelas tidak spesifik untuk kesehatan ginjal. Ginjal yang sehat seperti tubuh yang sehat.”

Demikianlah artikel mengenai cara kerja ginjal ini kami sampaikan. Semoga artikel yang membahas soal cara kerja ginjal ini bermanfaat bagi kita semua. (TM-ART)

Related posts

Leave a Comment